Minggu, 10 Desember 2023

Inspirasi studi lanjut dan pengalaman mendaftar beasiswa

Banyak teman bertanya tentang gimana cara studi lanjut dengan beasiswa. Kalo di studi doktoral ini, aku daftar beasiswa BPI (Beasiswa Pendidikan Indonesia), bisa dicari infonya lewat website resmi BPI di https://beasiswa.kemdikbud.go.id/ , lalu ikuti aja cara pendaftarannya. Saranku, 1 tahun sebelum studi lanjut, kita udah persiapan izin ke pimpinan institusi tempat kita bekerja, mencari promotor yang berkenan membimbing disertasi kita dan cari juga info tentang beasiswa yang disediakan. Misalnya tahun 2022 beasiswa yang available untuk studi doktoral dalam negeri ada 2, LPDP dan BPI. Kalo LPDP semua WNI bebas mendaftar, sedangkan BPI itu biasanya buat WNI yang bekerja di bawah kemendikbud (guru, dosen, tendik). Perlu dicari juga, alternatif beasiswa lain, misalnya aja kalau kedua beasiswa tersebut belum rezeki, contohnya kita bisa cari beasiswa internal dari kampus tujuan studi kita, biasanya ada beasiswa dari alumni.

Berikut tips untuk daftar beasiswa:

1. Tertib administrasi: syarat2 pendaftaran dipenuhi ya, selain di website resmi beasiswa, biasanya update info di IG (instagram) juga perlu supaya ngga ketinggalan informasi, karena menjelang tanggal batas pengumpulan berkas administrasi beasiswa, ada aja info terbaru & juga pengalaman dari para pendaftar. Nah ini yang perlu kita pantau terus.

2. Lebih baik jika sudah dapat LoA (Letter of Acceptance) atau surat keterangan diterima di kampus tujuan studi. Kalo saranku, yang bisa kita persiapkan jauh2 hari sebelumnya itu topik riset dan pengalaman publikasi di jurnal atau conference, juga TOEFL dan TPA (Tes Potensi Akademik). Kalo misal belum memenuhi batas nilai minimum, kita masih ada waktu untuk tes lagi, biasanya skor nya bisa naik.

3. Banyak berdoa dan minta doa orang tua

4. Aktif ngobrol dengan teman, biasanya banyak juga info yang ngga cukup kita cari di internet.

Itu tadi sedikit pengalaman daftar beasiswa dari aku. 

Semangat teman2, semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar